December 8, 2019
Danau atau Laguna Weekuri di Sumba Provinsi NTT

Danau atau Laguna Weekuri di Sumba Provinsi NTT

Danau ataupun laguna weekuri ini belum lama terakhir jadi buah bibir pengguna instagram. Sebab keindahaanya, wisatawan mengabadikan serta mengshare di account instagram kemudian jadi viral. Terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Danau Weekuri yang bercorak hijau kebiru- biruan ini ialah danau yang sangatlah unik bila dibanding dengan danau- danau pada biasanya di Indonesia sebab isi airnya yang asin serta payau.

Nama Weekuri sendiri berasal dari bahasa Sumba yang berarti air percikan. Itu sebab danau ini tercipta dari percikan air laut yang menembus batu karang sehingga membentuk laguna tertentu. Danau Weekuri dikelilingi oleh batuan menawan yang kerap disambangi wisatawan bagaikan tempat berteduh. Mulai dari batuan gua yang membentuk stalaktit sampai stalagmit. Weekuri ialah danau air asin, berasal dari air laut yang menembus batu karang yang mengelilingi danau. Sebab kandungan garamnya besar, kalian dapat mengapung tanpa wajib memakai pelampung.

Berjarak dekat 60 kilometer dari Tambolaka yang ialah ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya adalah salah satu travel destination, akses buat mengarah posisi ini masih terbilang lumayan susah sebab belum adanya transportasi universal serta lokasinya yang terletak jauh dari perkotaan. Tidak terdapat satupun petunjuk jalur mengarah ke posisi sehingga wisatawan wajib sering- sering bertanya dengan penduduk setempat keberadaan posisi danau ini.

Danau Weekuri berupa oval dengan panjang 150 m ke daratan serta lebar 50 m, sebaliknya kedalaman bagian kiri 3 m serta bagian kanan 5 m dikala pasang laut. Tetapi dikala laut surut cuma 30 sentimeter serta cuma nampak pasir putih di kiri, sebaliknya di sebelah kanan cuma 2, 5 m.

Di laguna Weikuri terdapat tiket masuk yang wajib dibayar oleh wisatawan. Harga tiket masuk perorang Rp 2000 serta Rp 4000 buat harga tiket satu mobil. Dikala ini laguna Weikuri telah dikelola oleh pemerintah. Sehingga tata letak destinasi ini sudah apik serta membuat wisatawan yang tiba aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *